Sabtu, 17 Oktober 2009

Bolu Marmer

Bolu-Marmer

Siapa sih yang nggak kenal bolu jadul ini? Biar jadul tapi ngangenin lho.... Aku suka bikinin buat bekal sekolah anak-anak, buat alternatif snack arisan yang murmer atau sekedar buat camilan di rumah karena bikinnya gampang dan cepet banget. Resepnya juga gampang diinget :

BOLU MARMER
Resep by Dapur Tati

Bahan :

Telur 8 butir
Tepung terigu 250 gr
Mentega 250 gr
Gula pasir 250 gr
Coklat bubuk 2 sdm

Cara Membuat :

  • Kocok mentega dengan 1/3 bagian gula (aku sih nggak pernah ngukur, pokoknya mentega+gula pasir 2 ato 3 sendok dikocok sampai lembut).
  • Step berikutnya, cuci whisk miksernya sampe bersih dan nggak ada sisa mentega sedikitpun (kalo perlu siram air panas. Soalnya mau dipake buat ngocok putih telur. Kalo nggak bersih adonan putih telornya nggak mau kental lho, jadi ati2 di step ini. Pisahkan kuning telur dengan putihnya. Kuning telurnya masukin ke adonan mentega+gula, cukup aduk dengan spatula sampai rata. Di wadah lain kocok putih telur dengan 2/3 bagian gula pasir sampai kaku.
  • Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan mentega+gula+kuning telur, bergantian dengan adonan putih telur+gula yang udah kaku tadi. Aduk rata dengan spatula.
  • Nah pas tepung terigu tinggal dikit yang belum masuk ke adonan, ambil dech adonannya kira2 satu mangkok trus tambahkan coklat bubuk dan aduk rata. Sementara itu sisa tepung terigu teruskan dech dimasukin ke adonan mentega.
  • Masukkan adonan kuning ke dalam loyang tulban yang sudah diolesi mentega dan ditabur tepung terigu (ato loyang kotak 20cm juga cakep). Sendokkan adonan coklat dan taruh diatas adonan kuning sesendok-demi sesendok berkeliling (halaaah bahasanya jelek banget ya hehehe...). Setelah itu buat pola marmer dengan menggunakan garpu (diputer-puter aja adonan coklat dan kuningnya, tapi jangan terlalu banyak diaduk ya)
  • Panggang di oven dengan suhu 180*C selama kurang lebih 45 menit.

Selamat mencoba, dijamin nggak bakalan bantet dech!

5 komentar:

  1. waa kalo soal bolu saya nyerah mba :p hehe. mba aku ngga bosan liat hasil foto-fotonya :)

    BalasHapus
  2. Thank's mbak Tati untuk resepnya yang oke banget, saya sudah coba dan berhasil. Seneng dech rasanya.

    BalasHapus
  3. MBAK....JUJUR AQ BARU MAU COBA. KALO MENTEGA AQ GANTI BUTTER HASILNYA KAYAK YANG MBAK BUAT GAK YA...??

    BalasHapus
  4. @fidya.. Mentega kan butter,mksdnya margarine kali ya? Seprti blueband..

    @mb tati, klo marmerku permukaannya pecah,terbelah bgitu apa krn oven terlalu panas, pdhal pake oven listrik dan suhu pas 180

    BalasHapus