Kamis, 25 Desember 2008

Chocolate Roses Cake (1)



Minggu ini pesanan chocolate cake rupanya masih berlanjut (sampai minggu depan ding hihi…).
Jangan bosen baca postingan chocolate cake muluw ya teman.
Base cake-nya sesuai permintaan pemesan nich pakai brownies kukus Ny Liem, dilapis ganache. Hiasannya bunga mawar dari chocolate modeling. Ada cerita lucunya nich kue…mungkin karena kecapekan karena kerjaan di kantor juga lagi numpuk, ditambah begadang beberapa malem ngerjain orderan (macaroni panggang, sus ayam keju, brownies kukus ‘en others)…sebenarnya jumlahnya mungkin nggak terlalu banyak, tapi buatku yang mempunyai keterbatasan waktu karena rata-rata sampai rumah antara jam 20.00-21.00 WIB, nemenin anak-anak belajar sampai mereka bobo’ dulu dan orderan kue baru dikerjakan setelah itu whaaaa..tepar juga.
Tapi karena udah terlanjur commit, ya udah…tetep dikerjain. Hasilnya menurutku jadi nggak terlalu OK, hiks…lebih parah lagi message di papan coklatnya yg seharusnya : Happy Birthday Keluarga Sukardi God Bless You …..aku tulis : Happy Birthday Keluarga Sukardi Good Bless You’ hahaha.. parah banget!!!.
Ketahuannya baru dikantor lagi, waks. Mau nggak mau mesti direparasi…dengan super hati-hati huruf ‘d’ aku angkat pelan-pelan pake tusuk gigi, tapi aku sisain gagangnya aja. Gagangnya itu trus aku taruh diatas huruf ‘o’ dan aku rapihin pakai sendok teh yang aku celup pake air panas dari dispenser. Wuuuiiihhh…berhasiiilll! Kembali rapi, walaupun ada kelepihan 1 spasi..jadi hurufnya agak kelihatan renggang hihi….
Oh iya buat temen-temen cobain dech resep brownies Ny Liem ini, ok banget lho.

BROWNIES KUKUS
Resep Ny. Liem

Bahan I :
12 butir telur
450 gram gula pasir
½ sdt garam
20 gram cake emulsifier (tbm/SP,ovalet)
½ sdt vanili bubuk

Bahan II :
(campur dan ayak)
250 gram tepung terigu segitiga biru
100 gram coklat bubuk
1 ½ sdt baking powder

Bahan III :
Cairkan dan campur
200 gram dark cooking coklat
350 ml minyak sayur


Bahan IV :
Susu kental manis putih

Cara membuat :

Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga kental dan mengembang

Masukkan bahan II sedikit demi sedikit hingga rata. Tuang bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Ambil 200 gram adonan, campur dengan bahan IV. Sisihkan.

Tuangkan ½ bagian sisa adonan tadi ke dalam loyang ukuran 24x24x7 cm, yang sudah diolesi dengan sedikit minyak dan dialasi dengan kertas roti. Kukus selama lebih kurang 15 menit (lakukan tes tusuk untuk memastikan kue sudah benar-benar matang)

Tuang 200 gram adonan yang sudah dicampur bahan IV, kukus. Dan terakhir masukkan sisa adonan. Kukus kembali selama 30 menit hingga matang.


Tips :

Sebelum loyang masuk ke dalam kukusan, banting2 loyang beberapa kali, untuk mengeluarkan udara yg terperangkap di dasar loyang

Menuang adonan, sebaiknya dengan posisi loyang tetap berada di dalam kukusan

Pada saat loyang masuk kukusan, kecilkan api supaya air dalam kukusan tidak terlalu bergolak, tapi tetap menghasilkan uap panas yang dibutuhkan.

1 komentar:

  1. mba aku ijin praktekin resepmu yo :)
    aku jadi tertarik mbikin kue, hehehe

    BalasHapus