Jumat, 05 Desember 2008

Kupat Tahu Magelang


Lanjutan dari cerita bikin lontong nih. Gara-gara pengen makan kupat tahu ini makanya bikin lontong, secara kalau bikin ketupat rada susah nyari daun kelapanya, kalau pakai kantong plastik aku nggak begitu sreg...

Ini menu favorit suami. Menurut dia sih kupat tahu bikinanku udah mirip sama yang suka dia beli dikampungnya sono hihi… Cuma aku nggak tahu resep originalnya seperti apa, ini adalah resep versiku sendiri lho.

KUPAT TAHU MAGELANG
Resep By dapur-tati

Bahan :

Ketupat, (aku pake lontong yang nggak susah bikin kulitnya)
Toge (diseduh dengan air panas)
Kol, ½ butir, iris tipis-tipis
Tahu putih, goring setengah matang
Bawang goring
Gula merah ½ kg
Kacang tanah 250 gr
Cabe rawit sesuai selera
Bawang putih
Daun salam
Garam secukupnya

Cara membuat :

Untuk alasan kepraktisan, aku suka bikin kuah gulanya dulu. Gula aku rebus dengan air kurleb 1500ml. Masukkan dalam air rebusan 2 siung bawang putih (keprek dulu), sedikit garam dan daun salam 3 lembar. Selanjutnya saring rebusan kuah gula tsb, siap digunakan.

Goreng kacang tanah, haluskan. Simpan dalam wadah tertutup, siap digunakan.

Penyajian :

Untuk 1 porsi
Kuah :
Haluskan 3 buah cabe rawit, 1 sdt garam, ½ butir bawang putih. Tambahkan 2 sdm kacang yang sudah dihaluskan, beri kuah gula. Kuah agak encer, jangan kental seperti bumbu pecel ya.

Tata potongan ketupat/lontong, potongan tahu goring, tauge, irisan kol. Siram dengan dengan kuahnya, taburi bawang goring.

1 komentar:

  1. Kalau saya berpendapat, meskipun resepnya tidak original tapi kalau tangan yang memasaknya jenis tangan yang sedep, ya tetap saja enak.

    BalasHapus