Sabtu, 13 Juni 2009

Hunting Foto Militer

Mohon maaf ya teman kalo postingan kali ini tidak ada hubungannya sama kuliner dan walopun udah aku posting juga di blog fotoku ://tati-gallery.blogspot.com ijinkan aku untuk posting disini juga.


Hunting-foto-pusdikpasus

Sebenarnya ini hunting foto paling berkesan karena acaranya seruuu banget. Ceritaaanya...waktu itu KFD (Komunitas Fotografi Datascript) ngadain Hunting Foto dan Lomba Foto Militer di Pusdikpasus (Pusat Pendidikan Kopasus) di Batujajar, Bandung. Acaranya tgl. 23 Mei 2009, ya sudlah...ikutan walo nggak terlalu pede, karena haqul yakin pasti yang ikutan udah 'pro' semua hehe... Tapi dengan niat nambah pengalaman dan wawasan ikutan juga akhirnya.

Total peserta sih kayaknya seratusan lebih (nggak ngitung hihihi...pokoknya ada tiga bis aja). Sampai di Pusdikpasus, Batujajar Bandung....sebelum turun bis semua peserta diharuskan menandatangani surat pernyataan yang isinya tidak akan mempublikasikan foto-foto yang diambil selama acara berlangsung dalam bentuk apapun dan hanya menggunakannya 'hanya untuk' dokumen pribadi sajah. Hiks...hancur harapanku mo narcis mejengin foto-foto bersama Kopasus di facebook hahaha...... Tapi sambutan dari Komandan Pusdikpasus yaitu Kolonel (Inf) Ricky Samuel sangat ramah..bener-bener para fotografer diberi kesempatan seluas-luasnya buat motret kegiatan latihan disana. .

Pada sesi bayonet dimana para fotografer motret dari bunker di kiri-kanan lapangan tempat latihan...duuuh serasa mo copot jantung denger bunyi letusan senjata dan bom yang harus dilewati pasukan Kopasus yang merayap dari ujung ke ujung. Tapi fotonya banyak yang ancuuuur di sesi ini karena banyakan kegetnya hahaha..abisnya tiap baru mo neken shutter kaget mulu hahaha.. Diakhir acara Kolonel (Inf) Ricky Samuel mengucapkan terimakasih sambil berharap pemotretan kali ini membawa kenangan manis buat kami semua disamping harapan beliau foto-foto yang diambil dapat menangkap spirit prajurit Kopasus. Sempat terucap beliau mengatakan suatu saat akan mengundang lagi teman-teman fotografer untuk motret disana...yang tentu saja disambut dengan riuh oleh seluruh peserta : janji ya pak...janji ya pak...janji lho... Beliau hanya tersenyum menanggapi antusiasme dari teman-teman.

2 minggu berselang setelah acara hunting itu, tepatnya tgl. 9 Juni 2009 aku bener-bener kaget baca koran Kompas pagi mengenai kecelakaan helikopter jenis Bolkow 105 milik TNI AD yang jatuh pada saat hujan lebat di perbukitan Desa Situhiang, Pagelaran Kabupaten Cianjur, Jawa Barat tanggal 8 Juni 2009 jam 15.15 WIB. Yang bikin kaget adalah saat membaca nama-nama korban tewas salah satunya adalah Kolonel (Inf) Ricky Samuel selain ada juga Kapten (Inf) Agung Gunarto dari Pusdikpasus Kopasus juga dan Lettu (Pnb) Yuli Sasongko.

Duuuh umur manusia nggak ada yang tahu...semua merupakan rahasia dan kehendak-Nya. Pak Ricky yang begitu gagah da bersemangat meninggal dalam sebuah kecelakaan heli naas. Beliau adalah Alumnus Akademi Militer 1986 kelahiran 30 Oktober 1963, meninggalkan 2 orang putra sedangkan istri beliau telah meninggal beberapa tahun sebelumnya.

Beliau memang tidak berjanji (saat itu untuk memberikan kesempatan motret lagi)...karena tak akan pernah bisa menepatinya.

Selamat jalan Pak Ricky........

2 komentar:

  1. Oh, ternyata pak Ricky Samuel yang di hunting Militer KFD, yang jadi korban helikopter to? .

    Wah, Selamat Jalan pak!..

    btw, yang dapet 500D siapa ya?

    salam,

    bw

    BalasHapus
  2. Aku ada email pengumumannya, mo dikirimin? Tadi coba cari2 alamat email di blognya ga' nemu bos!

    BalasHapus