Jumat, 17 April 2009

Lontong Sayur

Lontong Sayur

Sorry ya kalo postingannya 'rada' nggak mutu, hehe...bikin lontong sayur semua pasti bisalaaaah. Cuma ada yang mau aku sharing biar sayurnya uenaaak.

Dulu waktu lebaran..pernah dapat kiriman dari tetanggaku lontong+sayur labu siam. Tetanggaku itu orang Betawi asli. Sayurnya uenaaak banget, nggak seperti sayur labu siam yang biasa aku makan kalo beli lontong sayur di abang2 itu lho. Setelah 'mengorek' keterangan (hihi...kayak polisi aja), akhirnya dapet tips kalo mau bikin sayur labu siam yang enak :

Kukus sebentar (5 menit aja) labu siam yang sudah diris korek api, irisan kacang panjang, potongan tempe.

Tambahkan 1/2 sdt terasi yang sudah digoreng dan dihaluskan

Tambahkan 2 sdm ebi yang sudah ditiriskan, digoreng kering haluskan.

Resep kumplitnya :

Lontong Sayur
Recipe by Dapur Tati

Lontong
(Resepnya lihat posting sebelumnya ya)

Semur telor+tahu

Telor rebus, kupas
Tahu, goreng 1/2 mateng
Bumbunya :
merica, garam, bawang putih kecap. Banyaknya dikira2 aja sesuai jumlah telor dan tahunya
Masukkan bumbu dalam air perebus, masukkan telor dan tahu...rebus terus sampai bumbu meresap dan telor berubah warna menjadi kecolkatan.

Sayur Labu Siam

Bahan :
2 buah labu siam, potong korek api..remas2 dengan air garam
1 butir kelapa, ambil santannya
1 lonjor tempe, potong kecil2
Petai (kalo ada lebih sedap, aku nggak pake)
Kacang panjang potong kecil2

Bumbu
Bawang merah 8 butir
Bawang putih 2 butir
Cabe merah besar 5 buah (bisa ditambah kalo suka pedes)
Daun salam + lengkuas
2 sdm ebi, sedu air panas..tiriskan, goreng kering kemudian haluskan
1/2 sdt terasi
gula merah secukupnya
garam secukupnya.

Cara membuat :

Labu siam, kacang panjang, tempe kukus sebentar (5 menit)
Haluskan bumbu (bawang merah, bawang putih, cabe merah, garam,ebi), tumis sampai harum bersama daun salam, petai dan lengkuas. Masukkan santan 1/4 bagian..aduk-aduk tambahkan gula merah, garam. Pindahkan ke panci/wadah yang lebih besar. Masukkan labu siam, kacang panjang, tempe. Tuangi sisa santan. Aduk perlahan supaya santan tidak pecah (apinya kecil aja).

Sayur labu siam siap disantap bersama lontong, semur telor da tahu. Jangan lupa taburi bawang goreng




5 komentar:

  1. ya ampun, postingan bikin ngiler gini ko dibilang ga mutu :D oooh, ternyata kuncinya di terasi & ebi ya? Pantesan bikin beberapa kali rasanya kurang nendang...

    http://www.cookingetcetera.com

    BalasHapus
  2. Hahaha... abis ini khan masakan hari-hari gitu lho jeng. Monggo dicoba ya.

    BalasHapus
  3. Mbak Tati...

    adoooi..bikin ngiler..fotonya apikk banget..nyontek resepnya mbak..mo praktek,, mudah2 an bis abikin lontong nya..he..he..

    BalasHapus
  4. Salam kenal semua...


    Makan adalah urusan nomor satu, setiap hari manusia harus makan.

    Inilah peluang usaha yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha, termasuk Anda. Jika ingin mengembangkan sebuah usaha bisnis yang selalu dibutuhkan orang, maka kembangkanlah sebuah usaha Bisnis Kuliner.
    Bagi Anda yang saat ini sedang menekuni atau tertarik dengan Bisnis Kuliner terutama yang pengolahannya dengan dibakar / dipanggang, saya sarankan menggunakan Kompor Panggang Tanpa Asap.
    Kompor Panggang Tanpa Asap sangat berguna untuk membuat : Ayam Bakar, Ikan Bakar, Sosis Bakar, Bakso Bakar, Jagung Bakar, Iga Bakar, Sate dan lain-lain.
    Kompor Panggang Tanpa Asap juga sangat menguntungkan bagi Pengusaha Kuliner yang akan melebarkan sayap baik dengan membuka cabang maupun me-waralabakan usahanya.

    Info Kontak :
    HP : 0857 8092 6000, 0813 9324 6000, 0878 0288 6000
    Pin BB. : 32696186, 31EAB8FB

    Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi :
    http://www.usaha-nyata.com

    BalasHapus
  5. Terimakasih mbak tati,, saya sudah coba resepnya, dan memuaskan....
    saya ijin copas ya mbak... :)

    BalasHapus