Sabtu, 07 November 2009

Asinan Buah

Asinan Buah

Selama ini aku belum pernah nyoba bikin asinan. Ceritanya kemaren nih mesen asinan bareng temen-temen kantor, tapi koq ya nggak sreg dengan rasanya trus buahnya juga nggak crunchy pada lemes gitu. Pucuk dicinta ulam tiba, halaaaah....besoknya dianterin asinan sama tetanggaku, asinan mangga. Segeeer banget, cuma isinya mangga aja karena kebetulan mangga2nya pada berjatuhan karena malemnya ada angin kencang. Dan mangga-mangganya masih muda gitu, belom tua. Jadi kalau diperam juga pasti nggak oke... trus dia bikin asinan dan dibagiin tuh mangga2 muda, aku termasuk yang kebagian:D...Jadi aku tanya2 cara bikinnya, dan akhirnya bikin asinan sendiri. Karena nggak terlalu pedas dan asem( pedes dan asemnya cuma samar2 aja) waaah anak2ku pada doyan banget malah minta dibikinin lagi lho.

Ini resepnya :

ASINAN BUAH
By : Dapur Tati


Bahan :

500 gr gula pasir
3 lt air
250gr cabe merah besar
2 sdm cuka masak
1 kg bengkuang
3 buah nanas
4 buah mangga muda
Garam secukupnya


Cara Membuat :

• Kupas mangga, potong memanjang, cuci bersih. Potongan mangga yang sudah dicuci selanjutnya diremas2 dengan garam 10-15 menit. Cuci bersih kembali dan rendam dengan air kapur sirih (1sdt kapur sirih campur dengan segelas air, pakai airnya saja), mangganya sampai kerendam semua yaaaa.. Biarkan kurleb 3-4 jam. Selanjutnya cuci bersih dan bilas beberapa kali, tiriskan.

• Nanas dan bengkuang potong sesuai selera

Cara Membuat Kuah Asinan :

• Cabe merah besar cuci bersih & buang bijinya, Blender dengan sebagian air (dari air yg 3 lt). Saring dan buang ampasnya.

• Rebus air cabe dan gula, tambahkan garam secukupnya. Biarkan sampai mendidih. Angkat, pindahkan ke baskom plastic (jangan panci alumunium), tambahkan cuka masak 2 sdm (sesuai selera). Biarkan kuah dingin, baru masukkan buah2an. Simpan dikulkas, sajikan dingin-dingin….slurrrrpppp…

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar