Sabtu, 07 November 2009

It's All About Choux

Kue Soes

Soes/sus/choux adalah kue yang berasal dari Perancis dengan adonan kue yang disebut choux paste. Adonan choux paste merupakan adonan rebus yang lembut dengan hasil kue yang ringan dan mengembang namun kosong ditengah. Nah bagian tengah yang kosong ini yang kemudian dibuat berbagai variasi isian seperti vla, ganache, ragout dan macem-macem lagi. Bahkan dalam perkembangannya bentuknya pun menjadi sangat bervariasi.

Tekstur kulit sus yang kering diluar namun lembut didalam sangat cocok dipadukan dengan isian manis ataupun gurih/asin.

Yuuuk bikin soes.

Resepnya :

Kue Soes
Resep by Fatmah Bahalwan NCC

Kulit Soes


Bahan:

200ml air

125 gr Margarine

1 sdm gula pasir

150 gr tepung terigu

4 btr telur


Cara membuatnya:
Masak air, mentega dan gula hingga mendidih
Masukkan tepung terigu, aduk hingga kalis, angkat, dinginkan
Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
Masukkan adonan kedalam plastic segitiga, semprotkan diatas loyang yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung.

(kalau aku, karena nyepuitnya nggak bisa konsisten besar kecilnya jadi aku pakein alas loyang pie yang kecil2 itu. Hasilnya kuenya jadi besarnya bisa seragam)

Bikin soes gampang dan praktis...seneng nggak usah pakai mixer, cukup diaduk pakai sendok kayu pun jadi. Namun nggak ada salahnya dilihat Tips sukses membuat soes berikut ini :

  • Timbang secara teliti semua bahan sesuai resep.
  • Masak air/susu cair dengan mentega/margarin hingga mendidih. Masukkan tepung terigu sekaligus, lalu aduk cepat menggunakan sendok kayu.
  • Rebus adonan hingga matang sempurna, ciri2nya tidak menempel lagi di dasar panci dan adonan mengkilat, jika perlu masak lagi dengan api kecil hingga dasar panci mulai gosong.

  • Saat memasukkan telor, adonan tidak boleh terlalu panas. Aduk2 adonan menggunakan sendok kayu sampai tidak panas lagi (hangat) dan adonan mengkilat. (kira2 kayak gini nih adonannya)

Adonan Soes (2)
  • Hindari mengoles margarin terlalu tebal di atas loyang agar adonan tidak saling menempel satu sama lain.
  • Panggang soes menggunakan suhu 200C selama kurang lebih 45 menit agar mengembang sempurna dan menghasilkan kulit soes yang ringan dan kopong di tengah
  • Jangan membuka oven pada saat proses pemanggangan supaya soes tidak kempis.
  • Dinginkan soes di atas rak kawat agar sirkulasi udara/uap panasnya keluar dengan baik dan soes tidak basah
  • Kulit Soes tahan 1 minggu di dalam wadah kedap udara, agar tidak terkena tetesan air dan berjamur

(Yeni Ismayani : Variasi Kue Sus)

Berikut beberapa varian soes yang aku buat dengan berbagai isian.

Soes Isi ganache, kebetulan karena ada sisa ganache di kulkas. Kalau bikin ganachenya : 300 butter/margarine+300 dark cooking chocolate+75gr buter

Soes Isi Ganache

Trus soes kornet..ya karena kebetulan ada kornet nganggur dikulkas yang sebenernya mau dibuat macaroni tapi nggak jadi2 hehehe.... Caranya bikin isiannya sbb :

1 butir bawang bombay, cincang. Ditambah 3 siung bawang putih. Tumis dengan 1 sdm margarine. Masukkan kornet, aduk2 10 menit. Tambahkan 100ml susu dan 2 sdm tepung terigu. Masak sampai mengental.

Soes Isi Kornet

Soes Kornet


Ada yang isi ragout juga kebetulan ada sisa ragout sisa bikin risoles bekal sekolah anak-anak.

Soes Keranjang

Ragoutnya bikinnya gini :

Ragout :
½ ekor ayam, rebus potong kecil2
250gr wortel, potong kecil2
1 buah bawang bombay, cincang
2 sdm mentega utk menumis
100gr tepung terigu
200cc susu segar campur
500cc kaldu rebusan ayam
4sdm gula pasir
½ sdt lada bubuk
½ sdt pala bubuk
21/2 sdt garam
½ block kaldu ayam
Tumis bawang bombay dengan mentega, sampai harum. Masukkan wortel, tumis sampai layu. Masukkan larutan tepung, susu, kaldu. Masukkan bumbu2, masak sampai kental. Terakhir masukkan ayam rebus.

Dan juga pasti Soes isi Vla, anakku doyan banget...:)

Soes Klasik

Resep Vla :

500ml susu cair
150gr gula pasir
50gr tepung maizena
1/4 sdt garam
1 sdm butter

Pada prinsipnya isian soes ini pokoknya bisa macem-macem dan fleksibel banget. Hmmm enak ya sore2 minum kopi sambil makan kue soes....slruuuupppp

Coffe Time

5 komentar:

  1. wow yummy shoes, bikin ngiler dan photos-nya keren banget seperti biasa (^.^)

    BalasHapus
  2. Hello,


    We bumped into your blog and we really liked it - great recipes YUM YUM.
    We would like to add it to the Petitchef.com.

    We would be delighted if you could add your blog to Petitchef so that our users can, as us,
    enjoy your recipes.

    Petitchef is a french based Cooking recipes Portal. Several hundred Blogs are already members
    and benefit from their exposure on Petitchef.com.

    To add your site to the Petitchef family you can use http://en.petitchef.com/?obj=front&action=site_ajout_form or just go to Petitchef.com and click on "Add your site"

    Best regards,

    Vincent
    petitchef.com

    BalasHapus
  3. Thank's Lia
    Thank's Vincent

    I'm glad for your appreciated...

    BalasHapus
  4. Tati,
    Kue sus nya bikin aku laper banget... foto2nya sooooo pretty. I just love all of them :-)

    BalasHapus
  5. Mba. Tadi malam saya coba buut. Tapi bagian bawahnya jadi mengkerut ke atas... Akhirnya gak jadi diberi filling deh dicemil cemil aja kulit soes nya.... Apakah pengaruh dari terigu ya? Saya pake terigu protein tinggi. Thanks.

    BalasHapus